Selasa, 04 April 2017

benua australia

2. Posisi Benua Australia

Australia adalah sebuah Negara dan sekaligus sebagai sebuah benua, yang merupakan benua terkecil dari kelima benua yang dihuni manusia. Luas benua Australia adalah 7.682.300 Km2 , yang berada di belahan bumi selatan. Sebelum “ditemukan” , para ahli Geografi Yunani kuno, memperkirakan bahwa terdapat benua yang berada di belahan bumi selatan yang disebut sebagai Terra Australis Incognito atau benua atau daerah selatan yang belum diketahui.

Sebutkan 7 Nama-Nama Benua di Dunia Jelaskan Letaknya!

Kemudian penjelajah bangsa-bangsa Eropa berlomba untuk menemukan benua ini. Beberapa para penjelajah yang menemukan bagian dari benua ini: Willem Jansz (Belanda, 1906), menemukan pantai utara 1906), Abel Tasman (Belanda, 1642), pulau Tasmania dan Selandia Baru , James Cook (Inggris, 1770), yang menemukan pantai timur Austalia yang subur.

Bangsa-bangsa Austronesia, termasuk Indonesia, sebenarnya sudah menemukan benua ini,namun tidak penah ditulis. Secara etnic, ada kemiripan antara suku asli Australia (Aborigin) dengan penuduk pulau Papua (Indonesia). Para nelayan tradisional dari Nusa Tenggara Timur, seeperti orang Rote dan Sabu, mencari ikan sampai di pantai Australia utara.

Secara Astronomi, letak benua Australia pada 100 42’ LS – 430 39’ LS dan 1130 10’ BT – 1530 40’ BT.

Batas-batas benua Australia adalah:
  1. bagian utara: laut Timor dan laut Arafuru;
  2. bagian timur: laut Tasman dan laut Koral, samudera Pasifik;
  3. bagian selatan samudera Hindia, dan;
  4. bagian barat dengan samudera Hindia.
Secara sosial ekonomi,benua yang sekaligus merupakan Negara ini tergolong maju. Jumlah penduduk Australia tahun 2003, sebanyak 19,9 juta jiwa, dengan tingkat kepadatan, hanya 3 orang setiap Km 2. Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin, yang merupakan 1,5 % dari penduduk Australia keseluruhan.

Secara garis besar, pada benua ini terdapat 3 kenampakan alamiah yaitu:
  1. dataran tinggi sebelah barat,
  2. dataran rendah bagian tengah, dan
  3. pegunungan di sebelah timur.
Dataran Tinggi sebelah Barat terdiri dari plato dan gurun pasir. Bagian tengah Austalia berupa dataran rendah- dataran rendah Arnhem di Utara, Nullarbor di Selatan, basin danau Eyre, basin Murray Darling dan basin Artesian Besar.Pegunungan di sebelah Timur juga disebut Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range) terdiri dari Victorian Alps, Southern Tablelands, Central Tablelands, Plato New England dan Atherton Tablelands.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar